Selasa, 17 Januari 2012

Mbah JAN ODOK "Jika Aku Menjadi"

Bertepatan dengan Tanggal Minggu 15 Januari 2011 Ds. Pandanwangi kedatangan Kru dari jakarta yaitu dari Trans TV. Siapa yang bisa menyangka dan menduka bahwa Desa Pandanwangi Kecamatan Soko Kabupaten Tuban kedatangan cewek cewek cantik dari kota besar yaitu Bandung, siap yang tak kepingin melihat cewek cewek yang cantik ini menginjakkan kaki kesebuah desa yang dikelilingin oleh sungai bengawan solo ini. dalam acara realiti show yang diselenggarakan oleh salah satu stesion televisi suasta yanitu Trans TV dalam acara "Jika Aku Menjadi" gadis kota ini menuju kesebuah pedesaan Ds Pandanwangi Kecamatan Soko Kabupaten Tuban Jawa Timur.

Gadis gadis cantik ini rela kehujanan dan kepanasan bersama dengan seorang yang telah tua yaitu bernama mbak Jan yang mempunyai panggilan Khas Jan Odok hehheheh... Ini nama fersi penulis karena dalam kenyataanya sehari hari dalam masyarakat ds pandanwangi mbah jan ini dipangil dengan sebutan Jan Odok. mbah jan ini mempunyai aktifitas sehari hari jualan jagung dan gethuk. ciri khas mbah jan dalam berjualan jagung adalah bila dia menjual dagangannya yang tek pernah saya lupa ketika lewat di depan rumah saya, selalu menawarkan dagangannya dengan ciri khasnya yaitu "Jagungelow.... Kanggo Bakaran Godokan Dadaran........".

Menurut kabar yang saya dengar dari para tetangga - tetangga saya, gadis gadis kota ini rela untuk bekerja keras
bersama dengan mbah jan sesuai dengan aktifitas mbah jan sehari hari, gadis cantik cantik dari kota besar ini di ajak oleh mbah jan untuk nyekrop (mengambil) pasir dari sungai bengawan solo kemudian di angkut oleh truk - truk yang muat pasir. tak tau deh gimana bayangin wajah wajah cantik ini berlumuran dengan keringat dan berbaur dengan panas terik matahari yang begitu menyengat.

Kemudian oleh mbah jan mereka di ajak kesawah untuk ambil Damen (Batang Padi yang sudah mengering untuk makanan sapi) Gadis gadis ini selau mengikuti langkah tua dari mbah jan menyusuri pematang sawah yang berderet deret dengan ditemani kameramen dari kru Trans TV, terkadang membantu mbah jan untuk mengambil Damen yang akan di ambil.

Entah apa yang dilakukan gadis gadis kota ini ke desa pandanwangi kecamatan soko kabupaten tuban, hingga mereka rela berpanas panasan bergelut dengan cuaca yang sangat terik bercampur keringat yang keluar dari setiap pori pori kulitnya. kemudain oleh mbah jan mereka di ajak mengambil sayur sayuran yang terletak dibelakan rumah mbah jan untuk dimasak dan dimakan bersama sama menemani malah hari yang diguyur hujan rintih rintih. mungkin juga para gadis kota itu menjadi santapan lezat nyamuk nyamuk nakal. tapi semangat mereka
untuk mengerti akan kehidupan didesa tak pernah padam. dan demi tuntutan untuk masuk tv mereka rela melakukan seluruh aktifitas sehari hari yang dilakukan oleh mbah jan.

Keesokan harinya mereka mengikuti mbah jan berualan Gethuk (makanan Khas yang terbuat dari singkong didalamnya ada gula manisnya) ke sebuah desa tetangga dari desa pandanwangi yaitu desa Sandingrowo kecamatan Soko Kabupaten tuban. mereka berjalan dari rumah kerumah menawarkan barang dagangan mereka dengan ditemani oleh mbah jan. seluruh dagangan gethuk dari mbah jan laris manis dan habis terjual dalam waktu sekejap mata karena ditawarkan oleh para gadis gadis cantik ini.

Dan genap tiga hari gadi gadis kota ini berada di desa pandanwangi menemani mbah jan dalam aktifitasnya seharian berjualan dan bekerja kasar. semoga para gadis kota ini tidak bosan untuk kembali datang ke desa pandanwangi yang masyarakatnya ramah tamah dan alamnya yang sangat subur dengan deretan persawahan yanghijau.

Hari terakhir mbah jan diajak jalan jalan ke kota surabaya dan dieberikan sebuah hadiah yang beraneka macan. betapa bahagianya hati mbah jan menerima hadiah hadiah yang tidak terduga dari gadis gadis cantik dari kota ini. semoga dengan kedatangan teman teman dari kru Trans TV dalan acara JIKA AKU MENJADI semakin lancar dan suses selalu. bila pembaca ingin lebih tau detail critanya silahkan tontotn acara ini di televisi kesayangan anda.

6 komentar:

Wah Cantikk bangetttt .. pesan 5 doong .. buat menuhin kamarku :D

Mas Javas; hehehehe.. naksir ya brow..??
Rahman Wahid; apane brow seng kurang???

ndeh nguenyek nek kopas.. tunggu tow fileme tayang nek trans tv..

Posting Komentar